podo moro


Hukuman Bagi Gayus Tambunan 7 Tahun Penjara dan Denda Rp 300 Juta

Posted in Bacaan,News,Semua by Roziq Faizin on January 19, 2011
Tags: ,

Setelah gayus tertangkap dan ditangani kasusnya oleh satgas pemberantas mafia hukum akhirnya hukuman bagi gayus pun dibacakan dipengadilan tinggi negeri jakarta Selatan dengan majelis hakim yang diketuai Albertina Ho. Gayus akhirnya dikum dengan 7 tahun penjara dan denda 300 juta rupiah. Dalam pertimbangan gayus terbukti melakukan tindak pidana 4 lapis Pasal jeratan. Seperti yang saya kutip dari VIVANew berikut :

“Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan memvonis terdakwa mafia hukum dan pajak Gayus Tambunan tujuh tahun penjara. Apa pertimbangan Majelis Hakim yang diketuai Albertina Ho tersebut?

Dalam pertimbangannya, hakim menilai Gayus terbukti melakukan tindak pidana empat lapis pasal jeratan.

Pertama, akibat perbuatan terdakwa mengabulkan keberatan pajak PT Surya Alam Tunggal (SAT), kantor pelayanan pajak Sidoarjo harus mengembalikan pajak yang telah dibayarkan.

“Maka harus dikembalikan oleh negara beserta bunga sebesar total Rp570 juta,” kata Ketua Majelis Hakim, Albertina Ho, di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Rabu 19 Januari 2011.

Majelis berpendapat, terdakwa Gayus tidak teliti, cermat, sehingga Keberatan Pajak PT SAT dikabulkan dan berakibat pada kerugian negara. menurut hakim terdakwa telah menyalahgunakan wewenang yang ada padanya sehingga merugikan keuangan negar. ” merugikan negara salah satunya dengan berkurangnya jumlah kekayaan keuangan negara,” kata Albertina.

Selain itu Gayus juga dijerat memberikan suap kepada penyidik Mabes Polri. “Terdakwa telah memberikan sejumlah uang kepada Arafat Enanie selaku penyelenggara negara maka unsur kedua terpenuhi,“. Penyerahan uang terhadap Arafat, kata Albertina, dilakukan di tempat parkir Hotel Ambhara yang diserahkan oleh pengacara Gayus, Haposan Hutagalung.

Albertina menambahkan, maksud pemberian uang kepada penyidik tidak hanya tidak dilakukan penyitaan terhadap rumah dan rekening terdakwa di Bank Panin dan BCA.

Selanjutnya, kata Albertina, meski terdakwa menyatakan tidak jadi menyerahkan uang sebesar US$40.000 kepada Hakim Muhtadi Asnun–hakim yang menangani perkara Gayus di Tangerang– namun telah ada janji yang diberikan. “Terdakwa jadi memberikan atau tidak, terdakwa telah menjanjikan memberikan US$40.000, dan selanjutnya diberikan kepada hakim anggota US$5.000 kepada masing-masing hakim anggota, Haran Tarigan dan Bambang Widyatmoko,” kata dia.

SElain itu, adanya, pesan singkat dari Muhtadi Asnun yang meminta mobil Honda Jazz dan disanggupi terdakwa dinilai hakim terdakwa telah memberikan janji dengan permintaan tertentu


Terakhir, hakim menjerat Gayus dengan Pasal 22 Jo Pasal 28 Undang-Undang Tindak Pidana Korupsi. Menurut Hakim, Terdakwa telah sengaja membuat surat perjanjian dan kuitansi palsu. “Meski terdakwa tahu isi perjanjian tersebut tidak benar terdakwa menandatangani ,” ujar dia.

Selain itu, hakim berpendapat dengan menandatangai perjanjian dan kuitansi fiktif tersebut berakibat dibukanya blokir rekening terdakwa.

Terlepas benar tidaknya asal uang tersebut yang masih dalam penyidikan, kata Albertina, apabila dihubungkan dengan pekerjaan terdakwa yang pegawai golongan III dan memiliki uang sebesar itu, patut diduga uang tersebut berasal dari tindak pidana krupsi.”

Setelah keluarnya keputusan hakim PN jakarta selatan ini apakah kasus ini akan selesai  atau malah akan menambah sederetan kasus baru lagi?. Kita lihat saja kelanjutannya,hehehe…kaya cerita aja??

 

3 Responses to 'Hukuman Bagi Gayus Tambunan 7 Tahun Penjara dan Denda Rp 300 Juta'

Subscribe to comments with RSS or TrackBack to 'Hukuman Bagi Gayus Tambunan 7 Tahun Penjara dan Denda Rp 300 Juta'.


  1. […] Hukuman Bagi Gayus Tambunan 7 Tahun Penjara dan Denda Rp 300 Juta … […]


  2. semakin terkenal nih orang. ditambah lagi dibuatin lagu sama mantan napi yang sudah tobat.😀
    semoga terungkap semua kejahatan gayus dan orang dibaliknya.🙂

    • admin faiz08 said,

      semoga saja begitu, andaipun tidak yang kita pasrah aja sama hukum yang diatas…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: